Tugas individu tentang analisis aspek pendidikan tentang, permasalahan pendidukan anak usia dini

TUGAS INDIVIDU

MATA KULIAH MANAJEMEN KOMPUTER APLIKASI
ANALISA MENGENAI ASPEK PENDIDIKAN TENTANG “PERMASALAHAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI’’







NAMA : LILIS FERAWATI
NIM          : 17131017
PRODI : ADMINISTRASI PENDIDIKAN



FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN MANDALIKA MATARAM
2019/2020




TUGAS INDIVIDU
ANALISA MENGENAI ASPEK PENDIDIKAN TENTANG PERMASALAHAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Aspek pendidikan permasalahan yang saya ambil yakni permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini, pada saat ini menceritakan bahwa arti penting mendidik anak sejak usia dini adalah dengan didasarinya kesadaran bahwa masa kanak-kanak adalah masa yang paling berharga untuk mencapai masa depan atau generasi penerus bangsa. Kesadaran akan pentingnya pendidikan anak usia dini tahun-tahun ini mendapatkan perhatian yang cukup baik dari berbagai kalangan masyarakat, pemerintah, pihak swasta, orang tua, dan lain-lain. Hasil dari kepedulian tersebut adalah banyaknya berbagai dari akademis membuat program jurusan Pendidikan Anak Usia Dini diberbagai Universitas ataupun swasta. Namun, tidak selamanya pembangunan pendidikan anak usia dini dapat berjalan dengan lancar atau dapat dikatakan belumlah optimal dari kalangan pihak pemerintah, swasta, ataupun masyarakat Indonesia. Pendidikan anak usia dini yang bersifat formal dapat dilakukan melalui Taman Kanak-Kanak dengan biaya pendidikan yang lebih besar dibandingkan dengan pendidikan non formal seperti, Kelompok Bermain, Tempat bermain anak, dll.
Permasalahan lain yang dihadapi dalam pembangunan pendidikan anak usia dini  adalah :
1. Kebijakan pemerintah tentang pendidikan anak usia dini di Indonesia yang kurang memadai.
2. Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan anak usia dini.
3. Kurangnya mutu dalam pembangunan pendidikan anak usia dini.
4. Kurangnya kualitas dan kuantitas para pengajar pendidikan anak usia dini.
5.Beberapa lembaga pendidikan anak usia dini di Indonesia belum mengajarkan mengenai kecerdasan intelektual.
6.Belum tercapainya kebutuhan masyarakat Indonesia anak program pendidikan anak usia dini.


Solusi dan upaya permasalahan pembangunan pendidikan anak usia dini yang telah direncanakan pemerintah sejauh ini adalah, membangun berbagai pusat pendidikan anak usia dini baik di kota maupun daerah terpencil yang sangat minim akan pengajar yang berkualitas. Pemerintah harus  berusaha menyelaraskan kemampuan akademik maupun non akademik pengajar kota dengan didesa dengan cara membuat program-program pelatihan kemampuan pengajar. Seharusnya pemerintah juga mendahulukan pembangunan pendidikan Indonesia dibanding dengan kepentingan pembangunan lainnya. Negara yang maju pasti didalamnya akan terdapat pendidikan dengan mutu kualitas dan kuantitas yang sangat tinggi. Pemerintah dan swasta wajib mengadakan lembaga pendidikan anak usia dini yang sangat terjangkau ataupun hanya sekedarnya untuk masyarakat kalangan tidak mampu dengan subsidi dari pemerintah ataupun swasta.
Dengan dikupasnya permasalahan pembangunan pendidikan anak usia dini di Indonesia diharapkan, pemerintah dapat meningkatkan akses kepada masyarakat untuk bisa menikmati pendidikan di Indoesia, peningkatan mutu pendidikan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas guru, pemerintah diharapkan dapat menghilangkan ketidakmerataan dalam akses pendidikan, seperti halnya ketidakmerataan didesa  dan kota, serta sesegera mungkin pemerintah harus menambah fasilitas sarana prasarana bagi pendidikan yang berada didaerah terpencil yang kekurangan akan pendidikan.
Dengan berkembangnya di zaman era globalisasi ini menuntut banyak perubahan sistem pendidikan di Indonesia yang harus lebih baik serta mampu bersaing secara sehat. Dengan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia berarti sumber daya manusia yang akan terbentuk akan sebaik mutunya dan dapat membawa Negara Indonesia ini bersaing dengan sehat dalam segala bidang dunia Internasional.
Dengan berkembangnya pendidikan PAUD kini memiliki bayak saingan terutama PAUD swasta bersaing dengan sekoah IT. karna zaman sekarang para orang tua murit ingin menyekolahkan anak-anaknya ditempat yang tidak hanya berfokus pada ilmu pengetahuan saja tetapi  juga ilmu agamanya.
1.Kelebihan dan kelemahan PAUD
         A. Kelebihannya :
1. Biaya yang murah sehingga tidak terlalu menyusahkan orang tua.
2. Waktu belajar atau sekolah tidak terlalu panjang, sehingga murid bisa melakukan aktifitas lain
3. dapat bergaul secara luas.
B. Kekurangannya :
Fasilitas tidak lengkap, mengapa demikian, karna kurangnya dana yang dimiliki sehingga banyak fasilitas yang belum terpenihi.
Kurangnya ilmu ( agama ) yang didapat karna waktu belajar yang sedikit.
Kurangnya kegiatan diluar jam sekolah ( seperti ekstrakulikuler ).
    2. Kelebihan Dan Kekurangan Sekolah Islam Terpadu
Ada kelebihan dan kekurangan sekolah Islam Terpadu (IT) yang perlu diketahui sebelum memilih untuk bersekolah di sekolah ini. Sekolah IT merupakan tipe sekolah yang tidak hanya berfokus pada ilmu pengetahuan namun juga pada ilmu agama. Sekolah IT yang ada di masyarakat terbagi menjadi beberapa tingkatan mulai dari TKIT, SDIT, SMPIT, SMAIT. Sekolah ini cukup banyak diminati, terutama bagi orang tua yang ingin anaknya mendapatkan bekal ilmu agama yang kuat. Mari kita mengenal lebih dekat tentang sekolah IT ini. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan sekolah Islam Terpadu :
Kelebihan sekolah Islam Terpadu (IT):
1. Fasilitas Lengkap
Sekolah IT biasanya menyediakan fasilitas sekolah yang lengkap. Fasilitas yang disediakan sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan belajar dan mengajar.
2. Bisa Full Day
Banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah IT karena sekolah ini bisa full day. Jadi, orang tua yang bekerja bisa dengan tenang menitipkan anaknya di sekolah full day.
3. Bekal Ilmu Agama Yang Kuat
Di sekolah IT, anak akan mendapatkan bekal ilmu agama Islam yang kuat. Tidak hanya diberikan ilmu pengetahuan tapi mereka juga akan menerima ilmu agama Islam yang lengkap.
4. Memupuk Kebiasaan Baik
Sekolah IT tidak hanya mengutamakan ilmu pengetahuan tapi juga akhlak. Anak-anak di sekolah IT akan dididik berdasarkan ilmu agama Islam untuk membentuk kebiasaan dan akhlak yang baik.


5. Banyak Kegiatan Positif
Baca Juga :  Pilih Sekolah Islam Terpadu Atau Madrasah? Nih Pertimbangan Untuk Sekolah Kamu
Banyak sekali jenis kegiatan positif yang ada di sekolah IT. Tak hanya belajar di kelas, anak-anak juga bisa ikut aneka jenis kegiatan positif dan menyenangkan di luar kelas.
Kekurangan sekolah Islam Terpadu (IT):
1. Biaya Mahal
Untuk bersekolah di sekolah IT biasanya dibutuhkan biaya yang mahal. Selain biaya pokoknya sudah mahal, banyak juga biaya tambahan lain sehubungan dengan kegiatan siswa.
2. Jadwal Sekolah yang Lama Dan Padat
Biasanya sekolah IT menerapkan jadwal sekolah yang padat dan lama. Bahkan anak SD pun bisa sekolah sampai sore hari.
3. Kegiatan Di Hari Libur
Sekolah IT sering mengadakan kegiatan di hari libur. Jika hari libur tersebut bukanlah hari libur untuk umat muslim maka sekolah tetap akan mengadakan kegiatan tertentu.
4. Pergaulan Kurang Luas
Anak-anak yang bersekolah di sekolah IT akan bertemu dengan teman-teman yang beragam Islam. Jadi, bisa dikatakan bahwa lingkup pergaulan mereka akan menjadi lebih kecil.
5. Anak Terlalu Lelah
Karena jadwal yang padat dan kegiatan di hari libur, maka anak-anak yang bersekolah di sekolah IT bisa mudah lelah. Kalau sudah lelah, anak-anak kemudian jadi mudah jatuh sakit.
Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan sekolah Islam Terpadu (IT). Setiap tipe sekolah memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal bagaimana Kamu menilainya, apakah sekolah tersebut sudah cukup baik atau belum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis mengenai aspek pendidikan tentang permasalahan anak usia dini

Tuas UAS kelompok manajemen rencana diklat